As-Syaikh Rohmatulloh (Mbah Panerusan)

30 Januari 2020
Panerusan
3.009 Kali
As-Syaikh Rohmatulloh (Mbah Panerusan)
As-Syaikh Rohmatulloh pendiri Desa Panerusan kec Wadaslintang adalah seorang tokoh Ulama yang unggul dlm Ilmu serta kegigihannya dalam berjuang .dan oleh masyarakat sekitar disebut dengan Mbah Penerusan. 
 
Beliau bernama Syaikh Rohmatulloh bin Muhammad bin Nur Rohmat (Sunan Sendang Duwur). Beliau murid Sunan Drajad. 
 
Dan pada masa Demak Beliau di Perintahkan oleh Sultan Trenggono untuk menyebarkan pengetahuan Agama Islam bersama Raden Burhanuddin (Mbah Lerik) ke wilayah Panjer. Dan diperintahkan untuk Berguru pada Syaikh Muhammad 'Ishom Alhasany di Somalangu.dan meminta petunjuk pada Syaikh untuk wilayah perjuangan.
 
Setelah menimba ilmu di Pesantren Somalangu Beliau Berdua dititahkan untuk melakukan perjalanan ke arah utara, sambil menyebarkan pengetahuan Agama serta mencari tempat untuk bermukim. Hingga suatu ketika sampailah di sebuah hutan yang lebat serta di pegunungan. Rombongan pun berhenti untuk istirahat dan dalam beberapa hari rombongan menetap di hutan tersebut.
 
Pada suatu malam Syaikh Rohmatulloh mendapatkan firasat agar menetap di tempat tersebut untuk berdakwah dan membuka perkampungan. 
 
Keesokan harinya hal tersebut disampaikan pada semua Rombongan termasuk Raden Burhanuddin. Dan setelah ada kesepakatan perhitungan hari maka dimulai lah pembabatan hutan untuk dijadikan lahan pemukiman dan lahan pertanian. Lambat laun tempat baru tersebut semakin maju. Kepemimpinan Syaikh Rohmatulloh dan Raden Burhanuddin di akui oleh masyarakat sebagai pemimpin masyarakat dan pembimbing rohani.
 
Pada suatu ketika datanglah seorang yang sangat berwibawa dan di segani.. kedua tokoh pun menyambut tamu yang datang dengan sangat gembira 
Beliau yang datang tiada lain adalah Kanjeng Sunan Kalijogo. Kakek dari Raden Burhanuddin.
Setelah mengucapkan salam dan penyambutan Kanjeng Sunan pun segera paring Pangendikan... 
 
Duh thole wayah ingsun sak kloron. Midangetno djarwaningsun kanti widjang satolo-tolo.
Kedua tokoh pun menjawab "sendiko dawuh"
Jeneng Siro Rohmatulloh, wus dadi kersaning Gusti yen to Jeneng Siro dipesthi mapan ono ing papah kene, kanggo ngluhurake Asmane Gusti ugo Kanjeng Nabi sarto ngayahi jejibahaning Agomo Suci.
Lan Sliramu Burhanuddin, Jeneng Siro kudu nerusake laku golek papan panggonan kang ing papan kono ono watu kang gumantung , kanggo mukim ing dino sepuhmu. Lan ingsun paring paweling marang Siro yen keprungu kekabaran Angger Pemanahan sumedyo babad alas Mentaok. Jeneng Siro Burhanuddin kudu siogo cancut taliwondo ambiyantu marang Keluargo Selo kang bakal Babad Alas.
 
Kedua tokoh pun menyanggupi atas semua perintah Kanjeng Sunan Kalijogo.
 
Kanjeng Sunan pun meneruskan pengendikan
 
Lan kanti sineksen bumi langit sak isine lan ugo kanti Ridho Dalem ALLOH ginandeng ono ing papan kene iku dudu panggonan pungkasaning jejibahan. Mulo papan kene ingsun paringi aran Penerusan. Pinongko dadi tondoning jejibahaning manungso iku durung ono rampunge lan kudu tansah diterusake.
 
Lan Sliramu Rohmatulloh kudu biso tansah ngrembakaake kahanan warising ngelmu soko poro winasis kanggo anjejegake Agomo Suci ono ing papan kene nganti tumekaning patimu.
Lan Siro Burhanuddin age2 oncat soko Penerusan anggoleki watu kang gumantung.
 
Koyo mung iku kang ingsun wedjangake marang jeneng siro sak kloron.
 
Raden Rohmatulloh dan Raden Burhanuddin pun menyanggupi. Dan setelah uluk salam Kanjeng Sunan pun hilang dari pandangan mata para hadhirin di waktu itu.
 
Keesokan harinya Raden Burhanuddin beserta rombongan berpamitan pada Raden Rohmatulloh untuk mengemban tugas dari Kanjeng Sunan.
 
Demikian lah riwayat asal mula nama desa Penerusan yang penuh dengan makna dan filsafat kehidupan.
 
Semoga para sesepuh pinisepuh senantiasa di ampunkan segala dosa dan kesalahan serta di terima segala amal ibadah dan kebaikan oleh ALLOH SWT
Dan kita sebagai manusia zaman sekarang semoga bisa mengambil suritauladan pada Beliau2 para sesepuh untuk berjuang di zaman modern seperti sekarang ini.
 
Sumber : wiyonggoputih.blogspot.com