Profil Desa

06 Februari 2019
Admin
758 Kali
Desa Panerusan merupakan salah satu dari 16 desa dan 1 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
 
Terletak di koordinat 7°33’48”S, 109°49’16”E dan memiliki luas wilayah sekitar 600,328 hektar, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
Sebelah Selatan  : Desa Karanganyar, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.
Sebelah Barat     : Kelurahan Wadaslintang, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.
Sebelah Utara     : Desa Tirip, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo
Sebelah Timur     : Desa Pamriyan, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo
 
Wilayah Desa Panerusan sebagian besar berupa lereng perbukitan dengan ketinggian antara 200-800 meter di atas permukaan air laut (Mdpl). Dataran tinggi berada disebelah timur yang merupakan lereng barat Gunung Pacet (840 Mdpl) di perbatasan Kabupaten Purworejo. Selain itu juga terdapat Gunung Sibedil (740 Mdpl). Semakin ke timur makin landai hingga berbatasan dengan Kali Medono atau Kali Gede yang merupakan sungai utama penyuplai air ke Waduk Wadaslintang. Sejumlah sungai kecil diantaranya Kali Loning, Kali Gelap, Kali Milir, Kali Katul, Kali Kunal, Kali Cacing, dan masih ada beberapa sungai kecil lainnya.
 
Jarak tempuh dari Desa Panerusan ke Ibukota Kecamatan Wadaslintang sejauh 3 Km dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama ± 5 menit, jarak ke ibukota Kabupaten Wonosobo sejauh 40 Km dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik pribadi maupun umum selama ± 45 menit.
 
Secara administratif Desa Panerusan dibagi dalam 3 (tiga) dusun yakni: Dusun Panerusan, Dusun Kalitelu, dan Dusun Mentosaro Secara keseluruhan  terbagi lagi dalam satuan wilayah yang lebih kecil, yang terdiri dari 8 Rukun Warga (RW) dan 18 Rukun Tetangga (RT).
 
Pada akhir tahun 2018 penduduk Desa Panerusan tercatat berjumlah 3.108 jiwa, terdiri  atas 1.566 laki-laki dan 1.542 perempuan. Jumlah kepala keluarga tercatat sebanyak 1.008 terdiri atas kepala keluarga laki-laki sebanyak  906 orang dan kepala keluarga perempuan ada 102 orang.
 
Penduduk Desa Panerusan mayoritas bermata pendacaharian sebagai Petani dan Buruh Tani, sebagian di sektor lain seperti Perdagangan, Wiraswasta, dan lain sebagainya.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah padi sawah dan ketela pohon.
Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa cabai, buncis, pare, kacang panjang, selada air, dll.
Buah-buahan yang dikembangkan adalah Durian, Rambutan, Mangga, Pisang dan Pepaya
Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Kelapa, Kapulaga, Kopi, Cengkeh, Coklat, Vanili, badul, porang, dan cabai rempah
Ternak yang dikembangkan di Desa Panerusan berupa Sapi, Kambing/Domba, Kelinci, Ayam Pedaging, Ayam Petelor, Ayam Kampung, dan Itik.

Untuk sumber air minum berasal dari Mata Air langsung (sebagian melalui Program PAMSIMAS) dan Sumur. Dan untuk penerangan sebagian besar telah menggunakan PLN dan ada beberapa rumah tangga yang menggunakan penerangan lain non PLN
 
Untuk sarana pendidikan formal dan nonformal terdapat 1 unit PAUD, 1 unit TK, 1 unit SD, 1 unit SMP dan 1 unit SMU, serta 2 unit Pondok Pesantren dan 9 tempat TPQ.

Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan 4 unit Posyandu dan 1 unit Polides, serta ada beberapa tempat Praktek Bidan Mandiri.