Pelaksanaan Program Kerja Kelompok Pengenalan Profesi untuk Mengurangi ATS

09 Februari 2025
KKN UMP
59 Kali
Pelaksanaan Program Kerja Kelompok Pengenalan Profesi untuk Mengurangi ATS

 

 

Anak Tidak Sekolah (ATS) merupakan salah satu tantangan dalam dunia pendidikan yang perlu segera ditangani. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah melalui Program Kerja Kelompok Pengenalan Profesi, yang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai berbagai jenis pekerjaan serta meningkatkan motivasi anak agar kembali bersekolah.

Kegiatan pengenalan profesi adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mengenalkan berbagai macam profesi kepada anak-anak sejak dini, dengan tujuan untuk membantu menentukan pilihan hidup yang mereka inginkan kelak. Pengenalan profesi dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran oleh orang tua maupun tenaga pengajar kepada anak untuk meningkatkan lifeskill SDN Panerusan.

Tujuan dan Manfaat Program

Program ini dirancang untuk membantu anak-anak yang putus sekolah memahami pentingnya pendidikan dalam mencapai karier yang diinginkan. Beberapa manfaat utama dari program ini adalah:

  1. Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Pendidikan
    Dengan mengenalkan berbagai profesi, anak-anak akan menyadari bahwa sebagian besar pekerjaan membutuhkan keterampilan dan pendidikan tertentu. Hal ini dapat mendorong mereka untuk kembali bersekolah guna mencapai cita-cita mereka.

  2. Memberikan Inspirasi dan Motivasi
    Melalui kegiatan seperti diskusi dengan profesional dari berbagai bidang, kunjungan industri, dan simulasi pekerjaan, anak-anak dapat melihat langsung bagaimana dunia kerja berfungsi. Dengan demikian, mereka dapat termotivasi untuk mengejar pendidikan dan keterampilan yang diperlukan.

  3. Membantu Anak Menemukan Minat dan Bakatnya
    Program ini juga bertujuan untuk membantu anak-anak mengenali minat dan bakat mereka sejak dini. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai profesi, mereka bisa mulai merancang jalur pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan aspirasi mereka.